Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Audit Internal untuk Perusahaan

Banyak orang yang percaya bahwa audit internal hanya diperlukan oleh bisnis atau perusahaan yang sudah besar saja. Padahal untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan audit internal atau tidak, ada tiga faktor penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu tanggung jawab manajemen atas pengendalian internal, peran audit internal dalam membantu memenuhi tanggung jawab tersebut, dan apa saja manfaat yang didapat dari audit internal.

 

Apa itu Pengendalian Internal?

Pengendalian internal sendiri, atau yang biasa disebut sebagai pengendalian manajemen, mencakup rencana, metode, dan prosedur yang diadopsi oleh manajemen untuk memenuhi misi, tujuan, dan sasaran sebuah perusahaan. Beberapa manfaat memiliki sistem pengendalian internal yang baik adalah:

  1. Membantu melindungi aset dan mengurangi kemungkinan terjadinya penipuan.
  2. Meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasi perusahaan.
  3. Meningkatkan keandalan dan integritas finansial.
  4. Memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
  5. Menetapkan prosedur pemantauan.

Nah, fungsi audit internal dalam sebuah perusahaan adalah untuk bertanggung jawab memantau efektivitas proses pengendalian internal yang telah ditetapkan oleh manajemen, agar setiap misi, tujuan, dan sasaran bisa terpenuhi dengan baik.

 

Apa Itu Audit Internal?

Secara definisi, menurut Institute of Internal Auditors, audit internal adalah kegiatan atau layanan konsultasi dan ansurans yang dilakukan secara independen dan objektif dengan tujuan untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi sebuah perusahaan. Audit internal membantu untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan pendekatan yang sistematis dan disiplin untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, pengendalian, dan proses tata kelola internal.

 

Audit internal memantau efektivitas pengendalian internal dengan cara-cara berikut ini:

  1. Penilaian Risiko: Membantu manajemen dalam mengidentifikasi dan memprioritaskan area atau proses yang memerlukan perhatian dan fokus audit.
  2. Panduan Proses dan Dokumentasi: Memperoleh pemahaman tentang proses dan prosedur yang berjalan dalam perusahaan.
  3. Penilaian Kontrol: Mengidentifikasi kesenjangan, atau sumber titik masalah, di mana prosedur dan kontrol tidak dilakukan dengan benar.
  4. Pengujian Kontrol: Memverifikasi apakah kontrol internal berfungsi seperti yang sudah dirancang.
  5. Pelaporan: Memberikan pengamatan dan merekomendasikan langkah-langkah untuk meningkatkan proses dan kontrol internal.

 

Apa Saja Manfaat Audit Internal?

Setelah Anda memahami tanggung jawab manajemen untuk melakukan pengendalian internal dan bagaimana audit internal dapat berperan membantu manajemen memenuhi tanggung jawab tersebut, hal selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah apa sajakah manfaat yang diberikan oleh audit internal untuk perusahaan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Audit internal melaporkan langsung kepada para pemangku kepentingan, agar perusahaan dapat memanfaatkan hasil laporan tersebut untuk mengidentifikasikan dan memperbaiki kelemahannya sebagai persiapan untuk audit eksternal di mana hasilnya akan dibagikan kepada publik.
  2. Meningkatkan lingkungan pengendalian perusahaan, agar proses tata kelola internal bisa berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.
  3. Mengidentifikasi redundansi dalam prosedur operasional dan pengendalian serta meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya.
  4. Berfungsi sebagai sistem peringatan dini jika terjadi kendala, sehingga setiap masalah yang mungkin terjadi dapat diidentifikasi dan diperbaiki tepat waktu.
  5. Meningkatkan akuntabilitas dalam sebuah organisasi perusahaan.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, kini Anda sudah mengerti bukan bahwa dengan melakukan audit internal berarti perusahaan Anda juga telah memiliki seorang advokat, manajer risiko, pakar kontrol, spesialis efisiensi, dan mitra pemecah masalah yang akan membantu Anda untuk memenuhi misi, tujuan, dan sasaran perusahaan Anda.


Itu dia pengertian, fungsi, dan manfaat mengenai audit internal. Jika Anda membutuhkan jasa akuntan publik untuk melakukan audit internal, KAP Syarief Basir & Rekan menyediakan jasa layanan audit dan konsultasi hukum yang dapat memberikan solusi untuk mendukung bisnis Anda.


Kami juga memiliki berbagai layanan profesional berkualitas lainnya yang mencakup jasa penasihat bisnis, akuntansi publik, perpajakan, serta konsultasi hukum. Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website resmi KAP Syarief Basir & Rekan.