Apa Saja Manfaat Audit Keuangan Untuk Perusahaan ?

7 Manfaat Melakukan Audit Keuangan Untuk Perusahaan

Audit merupakan evaluasi laporan keuangan sebuah perusahaan atau bisnis yang dilakukan secara independen dan objektif. Tujuan dilakukannya audit adalah untuk memberi kepastian bagi setiap pemangku kepentingan bahwa laporan keuangan yang dibuat sudah akurat, lengkap, dan sejalan dengan standar peraturan audit.


Melalui proses audit yang detail dan terperinci, auditor keuangan dapat melihat apakah internal control yang dilakukan oleh perusahaan sudah benar atau belum. Itu sebabnya, melakukan proses audit bisa meningkatkan pertumbuhan perusahaan atau bisnis Anda, karena dapat membantu untuk menganalisis celah yang mungkin saja terjadi di dalam sistem akuntansi.


Berikut beberapa manfaat lainnya melakukan audit keuangan yang dapat berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis Anda.


1. Menjaga Kepatuhan

Saat auditor memeriksa data keuangan, tentunya mereka akan memastikan bahwa sebuah organisasi bisnis sudah mematuhi semua peraturan yang ditetapkan berdasarkan hukum yang berlaku. Jika ternyata organisasi tersebut ditemukan melakukan pelanggaran dan berbuat tidak patuh, maka auditor dapat melaporkannya.


2. Laporan yang Lebih Akurat

Ketika laporan keuangan di audit, maka auditor akan mengidentifikasi semua celah sebelum menyajikan hasilnya kepada pemangku kepentingan. Dengan demikian keandalan data yang dilaporkan pun jadi lebih akurat dan terpercaya.


3. Ketepatan dalam Penentuan Laba

Audit keuangan membantu perusahaan untuk menentukan profitabilitas yang lebih tepat karena semua angka dihitung dengan cermat dan teliti mungkin. Oleh sebab itu, melakukan audit dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan kelancaran manajemen bisnis.


4. Menyederhanakan Proses Pinjaman

Jika laporan keuangan sudah di audit, maka akan jadi lebih mudah bagi lembaga keuangan seperti bank untuk meminjamkan uang. Tentunya hal ini dikarenakan laporan keuangan yang di audit lebih terpercaya ke andalannya dan sangat kecil kemungkinannya untuk dipalsukan.


5. Mendeteksi Kecurangan

Jika ada kecurangan atau penipuan yang mungkin saja terjadi dalam organisasi bisnis, hal tersebut bisa langsung terdeteksi dengan bantuan audit. Karena seorang auditor akan selalu melaporkan data keuangan perusahaan berdasarkan keaslian fakta yang ditemukan.


6. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Seorang auditor merupakan pihak yang independen, sehingga semua pandangan dan saran yang diberikan tidak memihak pada kepentingan personal. Ini berarti membuat auditor menjadi pihak ideal yang tepat untuk memberikan nasihat keuangan demi meningkatkan sistem bisnis, praktik akuntansi, serta tata kelola keuangan perusahaan.


7. Membantu Perencanaan dan Penganggaran

Audit keuangan membantu untuk mengkonfirmasi keakuratan laporan keuangan sebuah bisnis dengan menganalisis setiap transaksi yang dilakukan. Dengan demikian pergerakan uang yang keluar dan masuk bisa dirinci dengan jelas. Tentunya hal ini membuat pemangku kepentingan lebih mudah untuk melakukan perencanaan, penganggaran, dan pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik di masa depan.


Jangan sampai kredibilitas perusahaan dinilai tidak baik karena Anda tidak dapat menyajikan laporan keuangan yang andal. Karena itulah, audit laporan keuangan sangat diperlukan demi meningkatkan kesuksesan bisnis dan perusahaan Anda.