5 Macam Jasa yang Ditawarkan Akuntan Publik

5 Macam Jasa yang Ditawarkan Akuntan Publik

Seorang akuntan publik tidak hanya sekedar bekerja menghitung dan mengotak-atik angka saja, tapi akuntan publik juga diharuskan mempunyai kemampuan untuk mengelola bisnis dan klien. Handal Matematika itu penting, tapi bagi seorang akuntan publik, bersikap jujur, teratur, dapat diandalkan, menjadi komunikator yang baik, serta memiliki keterampilan tertulis dan verbal merupakan bakat yang wajib dimiliki.


Hal ini dikarenakan akuntan publik bisa menjadi faktor penentu mengenai kesehatan keuangan sebuah bisnis. Dengan mencatat dan melacak data keuangan, akuntan publik bekerja untuk membantu mengetahui arus kas, pendapatan, dan pengeluaran yang berdampak langsung pada operasi bisnis. Lantas, apa saja macam-macam jasa yang biasanya ditawarkan oleh akuntan publik? Berikut beberapa di antaranya.


1. Pembukuan

Pembukuan adalah tugas dasar yang biasanya dilakukan oleh akuntan publik untuk mengawasi dan memastikan keakuratan data keuangan sebuah bisnis. Jenis layanan yang satu ini melibatkan pencatatan keuangan akun, dengan mendokumentasikan berbagai data-data transaksi seperti laba, rugi, arus kas, dan lain sebagainya untuk keperluan internal.


2. Tax Accounting

Seperti namanya, tax accounting adalah spesialisasi di bidang akuntansi perpajakan, di mana akuntan publik akan bertugas untuk menangani, mencatat, mengkalkulasi, menganalisa, dan membuat strategi pajak yang berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan. Dengan demikian tax accounting tujuan untuk meminimalkan kewajiban pajak perusahaan bisa tercapai tanpa perlu melanggar undang-undang peraturan perpajakan atau pedoman laporan keuangan.


3. Auditing

Auditing bertujuan untuk memeriksa pemborosan keuangan, penipuan, dan kesalahan dalam praktik manajemen yang menyimpang dari standar akuntansi yang sudah ditetapkan. Akuntan publik akan memeriksa apakah sebuah bisnis berjalan sesuai berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan dalam penyusunan laporan keuangan.


4. Akuntansi Forensik

Jasa ini menawarkan layanan dalam melacak dana hilang atau ketidakcocokan dalam proses akuntansi yang mungkin muncul di sepanjang laporan keuangan. Dengan akuntansi forensik, akuntan publik akan bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk membantu Anda jika ada kemungkinan terjadinya tuduhan penipuan, penggelapan pajak, atau masalah keuangan lainnya.


5. Peninjauan

Peninjauan merupakan penilaian berdasarkan laporan pembukuan atau catatan keuangan perusahaan dengan menggunakan prosedur analisis tertentu, misalnya seperti membandingkan catatan pembukuan dengan laporan sebelumnya untuk mengalkulasikan berbagai rasio keuangan. Karena ruang lingkup jasa peninjauan tidak sedetail audit, biasanya layanan ini hanya akan memberikan analisis dan rekomendasi berdasarkan temuan dalam catatan keuangan saja.


Itu dia beberapa jasa atau layanan yang biasanya ditawarkan oleh akuntan publik. Namun terlepas dari semua jasa tersebut, umumnya semua akuntan publik bertugas untuk membantu dalam penilaian keuangan, pembukuan, analisis, dan semua transaksi bisnis yang biasa dilakukan oleh perusahaan.