Apa Itu Laporan Keuangan Akhir Tahun dan Apa Saja Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun Bagi Perusahaan

Setiap perseroan terbatas memiliki tahun keuangannya masing-masing. Tahun ini dimulai pada tanggal di mana perusahaan pertama kali beroperasi, sehingga penentuan akhir tahunnya jatuh pada hari sebelum tanggal tersebut. Nah, pada saat akhir tahun perseroan terbatas memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan demi memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.


Agar Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya pembuatan laporan keuangan akhir tahun, berikut penjelasan yang perlu Anda ketahui.

 

Apa Itu Laporan Keuangan Akhir Tahun?

Laporan keuangan akhir tahun adalah persyaratan hukum bagi perseroan terbatas. Pada periode ini, perusahaan harus mengirimkan informasi yang dibutuhkan kepada pihak-pihak publik yang berkepentingan seperti halnya bank, pemegang saham, dan calon investor guna memastikan bahwa pajak perusahaan dibayar dengan jumlah yang tepat dan sesuai melalui laporan keuangan yang akurat.


Pembuatan laporan keuangan akhir tahun memiliki tiga manfaat utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai upaya dalam memenuhi kewajiban hukum, sehingga mencegah perusahaan membayar denda keterlambatan dalam pembuatan laporan keuangan atau pembayaran pajak.
  2. Membantu mendistribusikan tagihan pajak secara lebih efisien dengan mencegah perusahaan membayar pajak terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  3. Membantu penyesuaian akhir tahun bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya untuk lebih memahami kinerja bisnis.

 

Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Membuat laporan keuangan akhir tahun adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh perseroan terbatas, karenanya harus ditangani dengan serius. Berikut beberapa hal yang penting untuk diperhatikan selama prosesnya.

  1. Berikan waktu dan ruang yang cukup bagi perusahaan, paling tidak sebulan sebelumnya, agar para karyawan dapat bersiap untuk untuk mengejar pesanan dan faktur, mengajukan pengeluaran, dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.
  2. Akun perusahaan perlu didukung oleh catatan pendapatan, laporan bank, laporan rekening dari pemasok, faktur, dan tanda terima. Kumpulkan semua dokumen penting tersebut sebagai persiapan untuk pembuatan laporan keuangan.
  3. Pastikan bahwa semua angka dalam rekening dan pengembalian pajak perusahaan sesuai dengan angka dalam dokumen pendukung. Pastikan juga bahwa penjualan yang belum dibayar dicatat sebagai hutang, bukan sebagai pendapatan.
  4. Rekrutmen terjadi sepanjang tahun, sehingga sangat mudah untuk membuat kesalahan dengan angka terkait karyawan seperti gaji, tunjangan, dan pengeluaran. Cegah hal tersebut dengan memastikan semua informasi tentang staf perusahaan sudah diperbarui.
  5. Pelaporan keuangan akhir tahun melibatkan banyak data dan upaya pengaturan. Jadi buatlah cadangan akun secara berkala untuk menghindari kehilangan berbagai data penting.

Periode akhir tahun bisa menjadi sangat padat sehingga Anda membutuhkan persiapan ekstra. Namun, ada salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan akhir tahun yang lancar dan akurat, yaitu dengan melibatkan jasa akuntan publik perpengalaman yang mampu menangani masalah pajak dan laporan keuangan dengan lebih baik.

 

Nah, jika Anda ingin menyewa akuntan publik berpengalaman, KAP Syarief Basir & Rekan menyediakan jasa audit laporan keuangan yang dapat membantu perusahaan Anda untuk membuat laporan keuangan akhir tahun secara tepat dan akurat.

 

Selain itu, kami juga memiliki berbagai layanan profesional berkualitas lainnya yang mencakup jasa akuntansi, penasihat bisnis, perpajakan, serta konsultasi hukum. Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website resmi KAP Syarief Basir & Rekan.