Pengertian, Fungsi, & Tujuan Akuntansi Biaya untuk Organisasi dan Bisnis

Akuntansi Biaya: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya Bagi Organisasi Bisnis

Dalam dunia bisnis modern, akuntansi biaya merupakan salah satu proses terpenting dalam sebuah perusahaan karena dapat menguntungkan setiap aspek bisnis, termasuk manajemen, pemangku kepentingan, dan para karyawan. Tugas akuntansi biaya meliputi klasifikasi, pencatatan, dan alokasi biaya. Untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu akuntansi biaya, berikut pengertian, fungsi, dan tujuannya bagi suatu organisasi bisnis.

 

Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bagian dari tugas akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan analisis elemen biaya pada suatu organisasi. Tugas ini mencakup mencatat setiap elemen dari total biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan, termasuk biaya tetap dan beberapa biaya variabel lainnya yang terlibat dalam setiap tahap produksi.

 

Setelah semuanya dicatat dengan rinci, kemudian data-data ini diringkas dan disajikan dengan cara yang lebih baik agar mudah dipahami. Nah, nantinya hasil informasi tersebut akan digunakan oleh para pemangku organisasi untuk membuat keputusan yang strategis terkait pengendalian biaya guna meningkatkan manajemen dan efisiensi biaya perusahaan yang lebih baik.

 

Fungsi Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya memiliki berbagai fungsi penting untuk keberhasilan bisnis. Berikut ini merupakan fungsi akuntansi biaya yang perlu Anda tahu.

 

1. Memastikan Biaya

Akuntansi biaya mencatat setiap elemen yang berkaitan dengan kegiatan produksi secara sistematis, sehingga data yang terkumpul dapat dianalisis guna mencari tahu jumlah biaya yang sebenarnya.

 

2. Mengontrol Biaya

Akuntansi biaya juga membantu organiasi untuk mengendalikan biaya sesuai standar yang telah ditetapkan. Nantinya hasil informasi yang terkumpul akan dibandingkan dengan standar tersebut, sehingga jika ditemukan penyimpangan para pemangku kepentingan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikannya.

 

3. Menentukan Harga Jual

Akuntansi biaya membantu untuk memastikan biaya produksi yang akurat, sehingga perusahaan dapat menentukan margin keuntungan dari harga jual produk guna menghindari kerugian.

 

4. Mengontrol Inventaris

Dengan mencatat setiap item persediaan secara lengkap, akuntansi biaya membantu perusahaan untuk lebih mudah mengontrol inventaris sehingga proses produksi pun dapat berjalan dengan baik.

 

5. Mengukur Efisiensi

Para pemangku kepentingan dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai biaya produksi, tentunya ini membantu mereka untuk menganalisis dan mengetahui seberapa efisien bisnis berjalan. Akuntansi biaya juga membantu mencegah pemborosan sumber daya melalui pemantauan yang tepat.

 

Tujuan Akuntansi Biaya

Secara umum, tujuan akuntansi biaya adalah untuk melaporkan, menganalisis, dan mengarah pada peningkatan pengendalian dan efisiensi biaya internal. Lebih jauh, berikut ini merupakan beberapa tujuan khusus dari akuntansi biaya.

 

1. Mengetahui Biaya

Dengan mencatat setiap elemen secara terperinci, akuntansi biaya dilakukan untuk mengetahui seluruh biaya produksi secara akurat, mulai dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya tetap, hingga biaya lain yang berhubungan dengan proses produksi.

 

2. Menyediakan Data Statistik

Data statistik yang dihasilkan dari akuntansi biaya sangat penting bagi perusahaan karena digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasi biaya produksi, guna membantu proses perencanaan yang tepat dan efisien dalam penyusunan anggaran.

 

3. Mengendalikan Biaya

Akuntansi biaya membantu perusahaan untuk mengendalikan biaya produksi, sehingga proses identifikasi masalah pun jauh lebih mudah untuk dilakukan sebelum terjadinya kerugian.

 

4. Mempermudah Penyusunan Anggaran

Akuntansi biaya menyediakan data statistik yang lengkap sehingga dapat mempermudah perusahaan untuk menyusun dan merencanakan anggaran yang tepat dan efisien.

 

5. Membantu Pengambilan Keputusan

Akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan internal guna memberikan informasi yang terkait dengan produksi, sehingga nantinya mereka dapat membuat keputusan dan perencanaan yang lebih baik di masa depan.

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akuntansi biaya merupakan hal penting yang harus ada pada setiap organisasi bisnis karena mempengaruhi banyak elemen yang terkait dengan proses produksi. Selain itu, melakukan akuntansi biaya juga memastikan agar perusahaan memiliki sistem keuangan yang sehat dan mencegah kerugian yang mungkin ditimbulkan akibat perhitungan biaya yang tidak tepat.